Tingkat Kecerdasan

TINGKAT KECERDASAN
Tingkat kecerdasan itu antara lain:
1.IQ : intelligence quetient( memory, daya berpikir )
2.EQ : Emotion quetient( kendali perasaan )
3.SQ : Spiritual quotient( motivatif,etos dedication )
4.RQ : relations Society quetient( comunicatif )
IQ merupakan kecerdesan yang sesungguhnya yang bisa diukur dengan menggunakan psikotest,manusia tidak cukup hanya cerdas IQ saja tetapi juga harus diseimbang dengan tingkat kecerdasan yang lainya seperti EQ,SQ,RQ.IQ adalah tingkat kecerdasan yang berukuran pada otak saja.Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan IQ,hanya saja kemampuanya yang berbeda-bada.Orang dikatakan cerdas apabila IQnya diatas 100, yang diukur melalui sebuah test.
EQ mengangkat fungsi perasaan. Orang yang ber-EQ tinggi akan berupaya menciptakan keseimbangan dalam dirinya; bisa mengusahakan kebahagian dari dalam dirinya sendiri dan bisa mengubah sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat.Penelitian menunjukan bahwa kondisi emosi mempengaruhi fungsi dan kecepatan otak.EQ bisa dipelajari,dikembangkan dan ditingkatkan pada segala umur. Penelitian justeru menunjukkan bahwa kemampuan kita untuk mempelajari EQ meningkat dengan bertambahnya usia. Perbedaan lain, IQ merupakan kemampuan ambang yang hanya bisa menunjukkan jalan bagi karir kita atau membuat kita bekerja di bidang tertentu; sedangkan EQ berjalan di jalan itu dan mempromosikan kita di bidang itu
Kecerdasan Spiritual SQ adalah salah satu kecerdasan Bawaan Manusia sebagai Anugerah Tuhan di samping, IQ (Kecerdasan Intelektual),EQ (Kecerdasan Emosional) yang banyak dibicarakan,dan RQ(comunikatif).Kecerdasan spiritual jarang dimanfaatkan setiap pribadi karena dimensinya yang tidak kasat akal dan rasa walaupun potensinya luar biasa.Dengan kecerdasan spiritual seseorang  bisa disebut manusia yang utuh seperti apa yang tuhan anugerahkan.Oleh karena itu SQ membentuk manusia profesional yang berhati mulia.
RQ adalah ketrampilan atau kemampuan seseorang dalam melaksanakan semua aturan agama yang dianutnya.RQ merupakan tingkat kecerdasan yang sangat mempengaruhi kebergasilan seseorang.tolak ukur RQ adalah sifat amanah dan istiqomah.untuk itu tingkat kecerdasan ini wajib dimiliki semua orang agar menjadi manusia yang baik akal budinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Selamat datang di blog saya.